15 Jan 2012

Cara mudah meningkatkan Rank Alexa



Bagaimana cara meningkatkan dan menaikkan rangking Alexa? Lepas dari masalah penting tidaknya rangking Alexa yang banyak diperbincangkan, ada satu hal yang jelas yaitu bahwa Alexa rank adalah tolok ukur utama terhadap seberapa besar traffic atau pengunjung sebuah website. Alexa ini memang ada hubungan dengan Amazon.com sebagai anak perusahaan, itu lho situs afiliasi terbesar yang juga bekerja sama secara langsung dengan blogger blogspot yang mengijinkan kepada Blogger untuk bisnis online afiliasi dengan produk yang tersedia di Amazon.
Beberapa alasan kenapa meningkatkan dan menaikkan ranking Alexa adalah mungkin kepentingan terhadap periklanan (advertisment). Lebih dari itu para pemasang iklan website secara umum juga menjadikan alexa rank untuk menentukan seberapa penting dan populer sebuah blog. Artinya : Semakin rendah rangking alexa (Nilai rangkin semakin kecil/mengecil), maka akan lebih banyak pengiklan (advertiser) yang tertarik untuk pasang iklan di Blog dan website Anda. Demikian juga semakin kecil nilai rangkingnya (berarti: rangking naik) maka niali jual iklanpun menjadi semakin tinggi (kompetitif).
Maka jika salah satu pendapatan bisnis online Anda dari periklanan, peningkatan rangking Alexa ini tentu saja menjadi penting. Semakin tinggi ranking Anda tentunya semakin mahal pula space iklan di website Anda bukan..? Tapi bukan hanya itu saja, lebih jauh lagi adalah kepentingan link building dan Search engine optimization (SEO) Anda.
Cara Meningkatkan Rangking Alexa (Alexa Rank)
Secara sepihak saya berpendapat bahwa Alexa rank, hanya dinilai paling utama dari jumlah traffic (visitor). Maka mungkin tips berikut ini dapat membantu meningkatkan Alexa rank Anda. Karena ini urusan traffic, tips yang ada pun tidak akan jauh dari tips mencari traffic sebenarnya.


1. Lakukan blogwalking segila mungkin
Blogwalking di sini saya maksudkan adalah biasanya melalui kotak chat seperti (chatbox, shoutbox dan box2 yang lain). Perhatikan disana pasti banyak webmaster (pengelola website atau blog) yang akan dengan senang hati mengunjungi blog Anda hanya dengan syarat Anda berkunjung ke website atau blog mereka. Tulislah pesan di shoutbox yang berisi ajakan atau bahkan rayuan untuk mengunjungi kembali blog Anda. Pesan seperti : ” Wah bagus banget blognya …kunjungi balik blog saya dong.. thank..” dan lain sebagainya biasanya cukup efektif mendatangkan traffic ke blog Anda. Setidaknya ini terbukti manjur dan tok cer khusus untuk wilayah Indonesia, Malaysia, India, Thailand dan beberapa wilayah di US maupun di Eropa. [Ini mungkin hampir seperti SPAM tetapi TIDAK DILARANG]
2. Tulis komentar
Jangan lupa! selain menulis pesan di kotak chat, tulis juga komentar pada salah satu artikel di blog mereka. Baca sedikit isinya dan tangkap maksud postingannya, lalu jadikan itu sebagai acuan Anda saat menulis komentar. Perhatikan etika berkomentar yang baik seperti; Sesuai dan cocok dengan tema artikel yang dikomentari. Kalau memungkinkan Anda bisa menulis komentar semenarik mungkin, sehingga selain akan mendapatkan ‘komentar balik’ juga membuka peluang untuk dikunjungi komentator lain dalam artikel yang sama yang Anda komentari. Tips ini juga bisa Anda gunakan untuk berkomentar di website atau blog terkenal, tetapi komentar harus sesuai bahasa mereka dong, biasanya sih Inggris, dan yang jelas komentar harus berkualitas, supa menarik perhatian yang empunya blog dan juga para komentator yang biasany bejibun. Jangan Lupa! sertakan link ke blog atau website Anda. [Kalo yang ini JANGAN SPAM]
3. Ajak secara langsung maupun tidak langsung saudara, teman dekat, adik, kaka, ibu, kakek, nenek, tetangga, paman, bibi, atasan, bawahan, pacar, mantan pacar daaan semua yang Anda kenal untuk mengunjungi Website atau blog Anda. Ini cukup efektif setidaknya jika saja mereka mengunjungi Anda seminggu sekali, atau kalau bisa sehari 10 kali.
4. Promosikan website Anda dimana saja dan kapan saja Anda merasa ada kesempatan berpromosi, baik online seperti social media, forum, iklan gratis, dan OFFLINE seperti, buat selebaran, spanduk, kumpulan RT, Tahlilan dan lain sebagainya. PERHATIAN: Untuk yang OFFLINE sebaiknya lakukan jika memang Anda benar2 serius dengan website dan Bisnis Online Anda. Resiko tanggung sendiri ya….
5. Gunakan Alexa free toolbar dan Taruh Alexa rank widget di website Anda serta minta teman dan kolega bisnis online Anda untuk melakukan hal yang sama. Bagaimana hal ini bekerja? Begini; misal pada alexa rank widget pada blog Anda, suatu saat pasti ada yang meng klik alexa widget Anda untuk melihat detil rank alexa Anda. Nah ini ada kredit sendiri di alexa untuk blog atau webste Anda.
6. Jika memungkinkan lakukan promosi melalui periklanan PPC ( … tidak gratis)
7. Jika Anda jago SEO tentu akan sangat bagus untuk sekalian menjajal ilmu SEO disini.
8. Tulis artikel sesuai konten Anda secara teratur dan berkesinambungan. Seiring dengan umur website anda (site age) Anda yang terus bertambah, tentu akan semakin banyak pula artikel yang akan sangat baik untuk search engine pada khususnya. Akan semakin banyak kesempatan pengunjung datang ke wibsite Anda melalui kata kunci yang tidak akan pernah kita mengerti dan rencanakan sebelumnya. Maka PERKAYA website atau blog Anda dengan artikel yang bermanfaat tentunya.
Tips meningkatkan ranking Alexa di atas mungkin tidak lengkap, dan masih banyak tips yang lain. Tetapi setidaknya itulah beberapa yang biasa dilakukan terutama untuk website atau blog baru dalam usaha menaikkan rangking dan traffic.
Terimakasih …

Sumber : http://blog.massdesain.com/

Artikel Terkait:

7 komentar:

  1. Balasan
    1. sip gan...
      ane jg gak sengaja baca2 artikel tentang alexa,ternyta cukup menarik dan bermanfaat juga..

      Hapus
  2. ane setuju banget gan sama tipsnya keren abis

    BalasHapus
  3. bener banget gan caranya seperti itu, terima kasih ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan bermanfaat gan....
      trima kasih sudah berkunjung gan........

      Hapus
  4. Mantap sharingnya .. yang penting terus berkarya dan rajin liat liat blog sebelah..maju terus

    BalasHapus
  5. oke soob...
    ntar tak jenguk balik sob........
    salam sukses...

    BalasHapus